Smith Findlay

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Sholat 5 waktu merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat Islam di dunia. Dengan melaksanakan sholat tepat waktu, maka artinya kita telah mematuhi perintah Allah SWT. Selain itu, sholat ternyata menjadi salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Setelah melaksanakan sholat, maka hati akan terasa lebih tenang dan tubuh akan kembali bersemangat untuk menjalankan aktivitas.

Biasanya, umat muslim juga membaca Ayat Kursi seusai sholat serta membaca bacaan zikir lainnya. Gerakan dalam sholat ternyata juga memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh. Gerakan-gerakan dalam sholat ini ternyata bisa membuat tubuh lebih sehat. Nah, apa saja manfaat dari setiap gerakan dalam sholat?

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari setiap gerakan sholat untuk kesehatan tubuh:

  1. Gerakan Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram merupakan gerakan pertama dalam sholat. Gerakannya adalah mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan daun telinga atau bahu, lalu didekapkan kembali di bawah dada atau pada perut. Gerakan ini memberikan manfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening, serta memperkuat otot di bagian tangan.

  1. Gerakan Rukuk

Pada saat melakukan gerakan rukuk, tubuh akan membungkuk hingga membentuk sudut 45°. Selain itu, tangan kita juga menahan ke bagian lutut kaki hingga membentuk sudut siku. Gerakan ini ternyata bisa memberikan manfaat berupa menjaga struktur tulang belakang, menjaga saraf pusat, serta melancarkan peredaran darah.

  1. Gerakan I’tidal

Gerakan I’tidal bermanfaat untuk menjaga pencernaan. Hal ini karena perut kita akan terasa seperti dipijat pada saat melakukan gerakan ini.

  1. Gerakan sujud

Saat melakukan sujud, posisi otak akan berada lebih rendah dibandingkan posisi jantung. Hal ini ternyata bisa membantu peredaran darah menuju otak menjadi semakin lancar. Dengan semakin lancarnya peredaran darah menuju otak, maka membuat daya pikir seseorang menjadi semakin baik.

  1. Gerakan Duduk di antara dua sujud dan tahiyatul awal

Gerakan duduk di antara dua sujud dan tahiyatul awal memberikan manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri di bagian pangkal paha

  1. Gerakan duduk tahiyatul akhir

Pada saat melakukan gerakan tahiyatul akhir, posisi kaki kiri berada pada posisi di bawah kaki kanan. Gerakan ini akan menekan kandung kemih dan saluran vas deferens. Oleh karena itu, gerakan ini bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit impotensi.

  1. Gerakan salam

Gerakan salam adalah gerakan yang terakhir dalam sholat, yaitu dilakukan dengan cara memutarkan kepala ke arah kanan serta arah kiri. Gerakan ini memberikan manfaat untuk meregangkan otot di bagian leher dan kepala. Selain itu, gerakan ini juga mampu untuk melancarkan aliran darah, menjaga kekencangan kulit, serta untuk mencegah sakit kepala.

Itulah manfaat dari gerakan sholat untuk kesehatan tubuh. Ternyata, semua gerakan dalam sholat bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita melakukan semua gerakan sholat dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Selain itu, bacaan dalam sholat juga harus diucapkan dengan benar. Agar pahala sholat menjadi semakin berlimpah, maka jangan lupa untuk membaca Ayat Kursi dan zikir setelah selesai menjalankan ibadah sholat setiap saat. Demikian informasi mengenai berbagai manfaat gerakan sholat untuk kesehatan tubuh. Semoga kita semua bisa menjalankan sholat dengan baik dan mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.