Smith Findlay

Gejala Diabetes Tipe 1 dan 2

Indonesia berada di urutan ke 7 sebagai Negara yang memiliki penderita diabetes terbanyak di dunia. Tak mengherankan memang melihat bagaimana gaya hidup kebanyakan masyarakat saat ini. Diabetes memang menjadi penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa, namun tak sedikit pula anak muda yang sudah terkena diabetes. Diabetes merupakan gangguan di mana kadar gula di dalam darah sangat tinggi. Hal tersebut terjadi karena kondisi pancreas yang bermasalah sehingga tidak bisa menghasilkan insulin.

Dua Tipe Diabetes Yang Sering Diderita Masyarakat

Sebenarnya ada beberapa jenis diabetes yang banyak diderita oleh masyarakat, namun diabetes tipe 1 dan tipe 2 sepertinya memiliki penderita yang paling banyak. Meskipun penyakit yang umum, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu diabetes tipe 1 dan tipe 2, begitu pula dengan gejala yang ditampakkannya. Banyak yang mengatakan bahwa tipe 1 adalah diabetes yang diderita oleh penderita sejak muda, sedangkan tipe 2 diderita oleh orang dewasa. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun sebaiknya simak gejala kedua jenis diabetes tersebut di bawah ini.

Gejala Diabetes Tipe 1

Banyak penderita yang mengira bahwa diabetes merupakan penyakit yang datang secara tiba-tiba. Hal tersebut dikarenakan gejala yang ditampakkan oleh penyakit ini memang mirip dengan gejala penyakit lainnya. Sedangkan untuk tipe 1 ini merupakan penyakit autoimun, di mana pengobatannya dengan menyuntikan insulin tambahan. Simak beberapa gejala diabetes tipe 1 di bawah ini.

  1. Terlalu sering buang air kecil

Gejala pertama yang sering dirasakan oleh penderita diabetes tipe 1 adalah terlalu sering buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan gula darah yang berlebihan di dalam darah sehingga memacu ginjal untuk membuangnya melalui urine. Itulah mengapa penderita diabetes tipe 1 akan sering bolak-balik ke toilet.

  1. Sering merasa haus

Berkaitan dengan seringnya buang air kecil, penderita diabetes tipe 1 juga akan sering merasakan haus. Cairan tubuh yang sering hilang akan membuat tubuh juga membutuhkan banyak cairan tambahan. Itulah mengapa penderita akan sering mengalami haus, meskipun sudah banyak minum.

  1. Berat badan turun drastis

Gula yang seharusnya diserap oleh tubuh harus berakhir di dalam darah sehingga tubuh penderita biasanya akan mengalami penurunan berat badan. Ketika seseorang mengalami penurunan berat badan yang drastis padahal tidak sedang menjalani diet, maka harus hati-hati. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan adanya penyakit diabetes.

Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 biasanya akan muncul pada mereka yang memiliki usia diatas 30 tahun, meskipun tidak menjamin bahwa anak-anak dan remaja juga akan terhindar dari penyakit ini. diabetes tipe ini dicirikan dengan ketidakmampuan tubuh dalam merespons insulin yang dihasilkan pancreas. Berikut ini gejalanya yang berbeda dengan tipe 1.

  1. Sering merasa lemah

Penderita diabetes tipe 2 akan lebih sering lemas dan kurang bertenaga setiap harinya. Menjalankan aktivitas akan terasa berat karena badan yang terasa lemas. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula yang tidak bisa dijadikan energy oleh tubuh.

  1. Mengalami masalah kulit

Ternyata kandungan insulin yang terlalu banyak di dalam tubuh akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Meskipun insulin banyak di dalam tubuh, namun tidak bisa digunakan untuk mengatur kadar darah di dalam tubuh. Hal tersebut membuat kulit penderita mengalami berbagai masalah seperti kulit gatal, kering, dan berbecak. Bahkan produksi insulin berlebih bisa menimbulkan ruam hitam di bagian belakang leher.