Smith Findlay

Cara Menjalin Sosialisasi yang Baik

Sekuat ataupun sekaya apa pun seseorang pasti akan tetap membutuhkan bantuan orang lain karena manusia adalah makhluk sosial. Ketika kita terlalu percaya diri tidak membutuhkan bantuan orang lain sehingga memperlakukan orang lain dengan buruk, maka dipastikan hidup kita akan sulit. Sebagai sesame manusia tentu saja kita harus menjalin dan menjaga antar sesame dengan baik. Cara paling ampuh untuk melakukannya adalah dengan bersosialisasi dan saling membantu. Sosialisasi akan membuat kita mengenal dan dikenal oleh orang lain.

Pentingnya Menjalin Sosialisasi

Sosialisasi adalah hubungan yang terjalin antara satu orang dengan orang lainnya. melakukan sosialisasi sangat penting dalam kehidupan kita karena suatu saat pasti kita akan membutuhkan bantuan orang lain. Sejak kita lahir, kita sudah mulai berkomunikasi dengan orang terdekat kita. Semakin bertambahnya usia, maka ruang lingkup komunikasi dan sosialisasi juga akan bertambah. Terlebih ketika kita memasuki dunia kerja, kita akan bersosialisasi dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda dengan kita.

Cara Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Sosialisasi merupakan bagian dari interaksi yang tentunya kita lakukan setiap hari. Terlebih ketika kita sudah memasuki usia dewasa, dan dunia kerja, sosialisasi sangat penting untuk membentuk citra diri kita di mata orang lain. Ketika kita bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, maka tentu saja kita akan mengenal banyak orang. Hubungan yang baik dengan sesame pekerja di kantor tentu sangat penting karena akan sangat mempengaruhi bagaimana lingkungan kerja akan terbentuk. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan bersosialisasi yang baik karena tidak semua orang mudah untuk diajak berkomunikasi.

  1. Berbicara dengan lugas dan jelas

Ucapan menggerutu dan terlalu pelan akan sulit untuk didengarkan orang lain. Hindari berbicara tidak jelas dan terlalu pelan ketika kita sedang menjalin komunikasi dengan siapa pun. Bicaralah dengan suara yang jelas agar lawan bicara kita dapat memahami apa yang kita bicarakan. Bagaimana cara kita berkomunikasi akan sangat mempengaruhi perlakukan orang lain terhadap kita. Tentu kita tak ingin diremehkan dan diabaikan begitu saja hanya karena cara bicara kita yang kurang jelas.

  1. Menebarkan senyum

Budaya di Indonesia mengajarkan kita semua bahwa sebuah senyuman bisa menjadi awal mula suatu komunikasi terjalin. Senyum menunjukkan bahwa kita ramah dan welcome terhadap komunikasi yang mungkin saja pihak lain ingin jalin dengan kita. Selain itu, senyum juga menunjukkan keramahan terhadap orang lain sehingga komunikasi dapat terjalin dengan lebih mudah.

  1. Memiliki topic pembicaraan

Orang yang ramai dan ceria memang biasanya akan memiliki lebih banyak kenalan dibandingkan dengan mereka yang pendiam. Namun bukan berarti setiap mereka yang cerewet akan didengarkan ucapannya oleh lawan bicara mereka. Omongan yang tidak memiliki topic dan tidak menarik tentu saja hanya akan diabaikan orang lain. Itulah mengapa, jika kita ingin memulai suatu komunikasi pastikan untuk memiliki topic pembicaraan yang jelas dan menarik.

  1. Pengertian

Komunikasi yang sehat adalah ketika seseorang dapat menjadi pembicara sekalis pendengar yang baik. sosialisasi tidak akan terjalin ketika hanya dari pihak kita saja yang terus berbicara tanpa memberikan waktu bagi lawan bicara untuk menjawab dan menyatakan opininya. Jika ingin menjalin sosialisasi yang baik, pastikan untuk memberikannya waktu untuk mengutarakan opini.

  1. Memperluas wawasan

Mereka yang pintar menjalin komunikasi biasanya adalah mereka yang juga memiliki banyak pengetahuan. Ketika seseorang mengambil salah satu topic, orang tersebut akan nyambung berbicara karena dia juga mengetahui topic tersebut. Itulah mengapa sangat penting untuk meningkatkan wawasan kita agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai orang yang memiliki background berbeda.

  1. Berhati-hati saat berkomentar

Ketika terjadi suatu hal pada salah satu orang yang kita kenal, jangan mudah untuk memberikan komentar. Ketahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi, dan jangan sampai memberikan komentar jahat. Hal tersebut hanya akan memberikan pengaruh buruk bagi kita karena mungkin saja apa yang kita tahu bukanlah sebenarnya yang terjadi. Maka dari itu, berhati-hatilah saat memberikan komentar terhadap sesuatu.