Smith Findlay

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Ketika Traveling

Siapa yang disini sering mabuk saat di perjalanan, entah itu naik mobil, bus, pesawat, ataupun kapal. Mabuk perjalanan sering kali ditemukan oleh anak-anak usia 5 hingga 12 tahun, ibu hamil, dan orang lanjut usia. Namun, ada kasus dimana ada juga selain kategori tersebut yang juga mengalami mabuk perjalanan. Agen travel Juanda malang juga ering menemui penumpang yang mabok saat perjalanan.

Gejala Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan bukan sesuatu yang asing dan bukan gejala yang berbahaya. Mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan perut merasa mual bahkan muntah. Selain itu, keringat dingin, wajah pucat, pusing, lemas, produksi air liur meningkat, dan perut terasa tidak enak merupakan gejala yang banyak ditemui oleh penderita mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Sebetulnya apa penyebab dari mabuk perjalanan? Mabuk perjalanan dapat terjadi apabila otak tidak mampu menerima campuran sinyal dengan baik dari beberapa anggota tubuh dalam manusia. Saat berada dalam perjalanan mata melihat ke arah yang berbeda dengan yang dirasakan oleh bagian sendi dan otot. Kemudian cairan telinga yang berada di bagian dalam berfungsi mengatur keseimbangan dalam tubuh, merasakan goncangan saat kendaraan sedang bergerak.

Beberapa sinyal tersebut kemudian akan dikirimkan ke otak, tetapi otak tidak mampu menerima dan memproses dengan baik ketiga sinyal tadi. Oleh karena itu, kinerja otak menjadi kacau sehingga mengakibatkan keluhan yaitu mabuk perjalanan.

Faktor Mabuk Perjalanan

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko Anda masuk saat perjalanan, yaitu membaca buku atau bermain gadget saat kendaraan melaju. Kurang istirahat juga bisa menjadi penyebab And mabuk saat perjalanan. Selain itu, ada beberapa kondisi tertentu yang dapat mengakibatkan perubahan hormonal dalam tubuh, seperti sedang menstruasi, ibu hamil, atau mengonsumsi pil KB. Bagi Anda yang juga memiliki riwayat mabuk perjalanan tentunya menjadi faktor utama Anda mengapa sering mabuk.

Mengatasi Mabuk perjalanan

Travel Juanda Malang yang bekerja dalam bidang pariwisata bisa Anda lihat di situsnya bagi yang sedang mencari agen travel. Kembali ke pembahasan sebelumnya, masuk perjalanan bisa diatasi dengan berbagai cara, yaitu jangan terlalu banyak makan, hindari juga makan terlalu banyak sebelum melakukan perjalanan. Pilihlah camilan atau snack dalam perjalanan agar perut tidak terasa penuh.

Memilih posisi duduk juga sangat mempengaruhi riwayat mabuk perjalanan Anda, misalnya jika Anda menaiki mobil pilihlah posisi duduk yang bisa leluasa melihat urus searah dengan jalan seperti duduk di samping sopir. Kemudian jika Anda sedang menaiki pesawat pilihlah pada bagian sayap yang minim goncangan, atau jika Anda menaiki kapal duduklah di posisi geladak agar menghindari mabuk perjalanan.

Istirahat yang cukup juga bisa Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Saat sudah merasa pusing, tidak enak badan, atau mual saat sudah di dalam kendaraan, usahakan untuk memejamkan mata atau membaringkan diri hingga gejala tersebut menghilang. Hindari juga dari bermain gadget atau membaca buku di dalam kendaraan. Kemudian jika merasa haus konsumsilah air putih atau minuman segar, sehingga mengurangi rasa mual ingin muntah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai mabuk perjalanan yang bisa Anda praktekan saat berada di dalam kendaraan. Untuk mencegah mabuk perjalanan, Anda juga bisa mengonsumsi obat anti mabuk sekitar 1-2 jam sebelum memulai perjalanan. Travel Juanda malang bisa menjadi referensi Anda jika membutuhkan agen travel untuk melakukan perjalanan wisata dengan harga dan paket yang menarik.