Smith Findlay

Bakti Sosial Tanamkan Jiwa Peduli di Bidang Pendidikan

Dewasa ini dunia pendidikan kian mendapatkan perhatian dari berbagai pihak khususnya dari pemerintah. Hal tersebut tentu sangatlah wajar mengingat pendidikan merupakan modal awal bagi suatu bangsa untuk melangkah lebih maju. Menurut kamus bahasa Indonesia, pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengubah pengetahuan, sikap, dan tingkah laku suatu individu atau kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas melalui berbagai metode latihan maupun proses pendidikan.

Kaitan Antara Bakti Sosial Dengan Peningkatan Jiwa Kepedulian Dalam Proses Pendidikan

Seperti telah Anda ketahui berdasarkan uraian di atas bahwasanya pendidikan adalah suatu usaha yang digunakan untuk merubah individu agar memiliki kualitas yang lebih baik. Dalam suatu upaya pendidikan, anak didik tidak hanya ditempa untuk memiliki wawasan yang bersifat kognitif tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik melalui berbagai macam ajaran moral yang dilakukan di institusi pendidikan. Salah satu contoh bentuk pendidikan moral yang diberikan kepada anak didik adalah bakti sosial. Bakti sosial dinilai mampu untuk meningkatkan jiwa kepedulian yang nantinya akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Berikut ini adalah kaitan antara kegiatan bakti sosial dengan peningkatan jiwa kepedulian dalam proses pendidikan yang harus Anda ketahui :

  • Bakti Sosial menumbuhkan rasa empati kepada orang lain yang membutuhkan

Kaitan pertama atau hubungan antara bakti sosial dengan peningkatan jiwa kepedulian dalam proses pendidikan terlihat dari bakti sosial dapat menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain yang lebih membutuhkan. Dengan melakukan bakti sosial maka Anda secara tidak langsung telah belajar menumbuhkan jiwa kepedulian yang dimulai dengan munculnya rasa empati untuk melihat penderitaan ataupun kondisi yang memerlukan bantuan pada masyarakat. Oleh karenanya bakti sosial sering kali menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan karena mengingat manfaatnya yang sangat banyak.

  • Bakti sosial mengajarkan untuk saling menolong sesama yang membutuhkan.

Bakti sosial tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia akan tetapi pengertian bakti dan sosial terbagi menjadi dua hal yang berbeda. Namun apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, bakti sosial memiliki arti kegiatan sosial yang dilakukan bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kaitan antara bakti sosial dengan menumbuhkan jiwa kepedulian juga terletak pada bakti sosial yang nantinya akan mengajarkan untuk menanamkan rasa saling menolong kepada sesama yang membutuhkan. Dengan mengajarkan bakti sosial bagi anak didik maka dapat menanamkan rasa saling tolong menolong yang pada tahap selanjutnya akan menumbuhkan jiwa kepedulian yang tak pernah lekang oleh waktu.

  • Bakti sosial mengajarkan untuk saling menghormati dan menumbuhkan rasa kekeluargaan

Selanjutnya bakti sosial juga berkaitan erat dengan menumbuhkan jiwa kepedulian yang tinggi dikarenakan bakti sosial akan mengajarkan untuk saling menghormati sesama manusia serta menumbuhkan rasa kekeluargaan. Hal tersebut tentu sangatlah penting mengingat jiwa kepedulian haruslah ditanamkan sejak kecil melalui proses pendidikan salah satunya melalui bakti sosial agar peserta didik mampu mengasah kecerdasan emosional yang dimilikinya. Oleh karenanya tidak mengherankan apabila bakti sosial sering kali dilakukan oleh institusi-institusi pendidikan di Indonesia.

Bentuk-Bentuk Bakti Sosial Yang Harus Anda Ketahui

Berdasarkan uraian di atas mengenai kaitan antara bakti sosial dengan peningkatan jiwa kepedulian terhadap sesama dalam proses pendidikan Anda tentu memahami betapa pentingnya untuk menerapkan bakti sosial. Dalam kegiatan bermasyarakat ada berbagai macam bentuk bakti sosial yang berkembang dan tumbuh di sana. Berikut ini adalah contoh dari bentuk-bentuk kegiatan bakti sosial yang terdapat di masyarakat yang harus Anda ketahui :

  • Bakti Sosial untuk menolong korban bencana alam

Salah satu bentuk dari bakti sosial yang sering dilakukan di masyarakat adalah bakti sosial untuk menolong korban bencana alam. Korban bencana alam tentu membutuhkan banyak bantuan mulai dari bantuan fisik, psikologis, dan bantuan dukungan lainnya. Sebagai masyarakat yang berpendidikan tentu menolong sesama adalah suatu tugas mulia yang wajib untuk dilakukan. Bantuan yang diberikan selama kegiatan bakti sosial berlangsung sangat berarti bagi para korban dan dapat meningkatkan semangat untuk memperbaiki dan menata hidup kembali.

  • Bakti sosial untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat

Selanjutnya bentuk dari bakti sosial yang sering dilakukan di masyarakat berupa bakti sosial yang dilakukan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Contoh dari bakti sosial yang bertemakan pemberdayaan masyarakat misalnya pembangunan perpustakaan desa, pembuatan kelompok perajin desa untuk mempromosikan UMKM dan sebagainya. Kegiatan ini tentu sangat disambut baik oleh masyarakat sekitar mengingat pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  • Bakti Sosial untuk perbaikan infrastruktur

Kemudian bakti sosial yang tidak kalah sering dilakukan di kalangan masyarakat adalah bakti sosial yang dilakukan untuk perbaikan infrastruktur misalnya bakti sosial untuk perbaikan sarana pendidikan bakti sosial untuk perbaikan jalan dan jembatan dan sebagainya.

Demikianlah peran bakti sosial untuk meningkatkan jiwa kepedulian dalam proses pendidikan. Sesuai dengan pengertian pendidikan yang tertera pada kamus bahasa Indonesia maka bakti sosial diharapkan mampu mengubah kualitas peserta didik menjadi lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.